Rakor Antisipasi Dan Pencegahan Karhutla di HST

BARABAI-Bertempat di Auditorium Setda Kab. HST Jl. Perwira No. 01 Kec. Barabai. Kab. Hulu Sungai Tengah dilaksanakan Rapat Koordinasi Antisipasi dan Pencegahan Karhutla dipimpin langsung oleh Bupati HST H. Aulia Oktafiandi, S.T, M.AppCom. Rabu (04/08)2021).

Rakor dihadiri oleh unsur Forkopimda HST dan Instansi terkait Pemerintahan Kab.HST dengan penerapan Protokol kesehatan yang ketat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati HST H. Aulia Oktafiandi, S.T, M.AppCom mengatakan, hampir setiap tahun di musim kemarau, kebakaran hutan dan lahan sangat berpotensi terjadi di wilayah kita, dan bahkan kebakaran hutan dan lahan merupakan bencana alam yang rawan di Kabupaten kita selain Banjir dan Tanah Longsor.”ucapnya.

Kerugian yang timbul akibat kebakaran Hutan dan Lahan juga tidak sedikit, baik terhadap Flora dan Fauna maupun terhadap kehidupan manusia itu sendiri. Dalam konteks Global, Tata Hubungan antar Bangsa dipengaruhi oleh Komitmen Demokratisi, Penegakan Ham dan Perhatian terhadap keterpeliharaan lingkungan hidup.”imbuhnya.

Kerjasama unsur terkait dalam penanganan karhutla sangat diharapkan dengan selalu berkoordibasi dalam pelaksanaan tugas dilapangan.”harapnya.

Sementara itu Dandim 1002/HST Letkol Inf Muh Ishak HB mengatakan ada bebera hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan pencegahan antisipasi serta pencegahan karhutla yaitu Pemberdayaan masyarakat sadar karhutla sangatlah membantu dalam pencegahan Karhutla.”ucapnya.

Mengadakan patroli bersama dan memasang spanduk spanduk agar masyarakat kita sadar tidak lagi melakukan pembakaran hutan,”imbuhnya.

Dan melibatkan semua unsur untuk pencegahan karhutla ini dengan melakukan pelatihan ataupun gladi agar mereka memahami serta mengerti tugas masing masing.”tutupnya.(pendim1002).

Berita Lainnya